Sakit Prostat

Sakit Prostat – Pada pria, prostat adalah suatu struktur padat yang terletak tepat dibawah leher kandung kemih dan mengelilingi secara penuh bagian atas uretra pria (uretra pars prostatika). Prostat adalah organ kelenjar fibromuskular yang normalnya memiliki 2 kapsul, lapisan luar jaringan fibrosa dan selubung fibrosa tipis di sebelah dalam. Keduanya membungkus jaringan kelenjar prostat.

Sakit Prostat

Sakit Prostat

Prostat Pada Pria

Sekresi prostat terdiri dari cairan encer seperti susu yang sedikit asam dan mengandung berbagai enzim, termasuk fibrinolisin dan fosfatase asam, cairan prostat juga kaya akan kalisum dan sitrat. Cairan ini membentuk 30 % dari volume semen.

Sekresi prostat diperkirakan merangsang motilitas spematozoa menyebabkan koagulasi cairan dari vesikula seminalis dan sedikit mertralkan cairan vagina yang asam dan mempengaruhi motilitas sperma.

Penyakit prostat yang banyak terjadi salah satunya adaloah prostatitis. Prostatitis merupakan radang kelenjar prostat. Penyebab dari prostatitis ini hingga saat ini masih belum diketahui secara jelas, namun bisa disebabkan karena penyebaran dari infeksi bakteri yang muncul di bagian saluran kemih. Selain itu, penyakit prostatitis ini juga bisa diakibatkan karena infeksi pada jamur, virus, serta protozoa. Gejala yang muncul dari penyakit prostat ini adalah nyeri pada bagian selangkangan pria, daerah yang terletak antara penis dan juga anus serta sakit punggung bagian bawah. Infeksi yang bisa juga menimbulkan demam dan juga membuat penderitanya menggigil kedinginan. Penderita biasanya akan sering buaung air kecil dan mengalami dorongan untuk melakukan buang air kecil, dan disaat sedang buang air kecil, air kecilnya mengandung darah.

Selain itu, infeksi bakteri yang terjadi ini lama kelamaan juga bisa menyebar menuju ke daerah skrotum atau ke daerah kantung zakar yang pada akhirnya akan menyebabkan rasa nyeri sangat hebatl, terjadinya suatu pembengkakan, kemerahan dan jika bagian ini disentuh maka akan terasa sangat menyakitkan. Karena terasa nyeri, maka penderita biasanya juga akan mengalami masalah impotensi atau disfungsi ereksi.

Penegakkan diagnosa yang dilakukan dilihat berdasarkan dari gejala serta dari berdasarkan pemeriksaan fisik yang dilakukan. Pada pemeriksaan colok dubur, prostat biasanya akan teraba mengalami pembengkakan dan juga akan terasa nyeri saat sedang disentuh. Kadang dengan melakukan pemeriksaan pada air kemih atau juga pada cairan prostat tersebut.

Pembengkakan Prostat

Selain prostatitis, gangguan prostat yang terjadi lainnya adalah penyakit kanker prostat. Gejala yang kemungkinan muncul dari penyakit prostat ini adalah ;

  1. Susah buang air kecil
    Masalah susah buang air kecil ini terjadi dalam bentuk gejala atau perasaan seperti ingin buang air kecil, namun airnya tidak keluar. Kemudian akan berhenti disaat sedang buang air kecil. Akan muncul lagi perasaan ingin buang air kecil atau harus bolak balik ke toilet untuk berkemih karena keluar air seni sangat sedikit. Gejala seperti ini pada akhirnya menimbulkan masalah pembesaran pada kelenjar prostat yang letaknya erada di sekitar saluran kemih akibat adanya tumor yang ada didalamnya sehingga bisa membuat proses berkemih menjadi sangat terganggu. Kelenjar prostat ini lama kelamaan akan semakin membesar seiring dengan usia seseorang yang semakin bertambah. Karena itulah, memeriksakan diri ke dokter untuk bisa membedakan hal yang terjadi antara pembengkakan penyakit prostat dengan penyakit kanker.
  2. Nyeri saat buang air kecil
    Masalah ini juga muncul akibat adanya penyakit tumor prostat yang bisa menekan ke arah saluran kemih. Namun sakit ini juga bisa terjadi akibat suatu gejala prostat yang disebut dengan istilah prostatitis. Bisa juga sebagai salah satu tanda darin hiperplasian prostat yang bukan merupakan akibat penyakit kanker.
  3. Darah yang keluar saat sedang BAK
    Gejala ini merupakan salah satu gejala yang jarang terjadi, namun sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter walaupun darah yang dikeluarkan memang hanya sedikit saja, samar-samar dan juga warnanya merah muda. Terkadang infeksi saluran kemih yang terjadi pada pria bisa menimbulkan gejala seperti ini.
  4. Susah ereksi dan menahan ereksi
    Tumor prostat bisa juga membuat aliran darah yang menuju ke penis yang seharusnya mengalami peningkatan saat sedang terjadinya ereksi menjadi terhalang sehingga menyebabkan susah untuk mengalami ereksi. Bisa juga diakibatkan karena tidak bisa ejakulasi setelah ereksi. Namun, pembesaran prostat juga bisa saja mengakibatkan hal ini terjadi.
  5. Darah pada sperma
    gejala yang seperti ini akan muncul dengan tidak terlalu jelas. Darah yang keluar biasanya tidak dalam jumlah yang banyak dan hanya membuat warna sperma berubah menjadi warna merah muda.
  6. Susah buang air besar dan masalah saluran pencernaan
    Kelenjar prostat yang letaknya berada pada dibawah kandung kemih dan didepan rektum, jika ada tumor maka hal ini menyebabkan susah buang air besar.

Obat Prostat

Obat prostat alami yang bisa membantu mengatasi masalah penyakit prostat adalah :

  1. Obat prostat 1
    Buah tomat, cara menggunakannya adalah rebuslah buah tomat sampai matang dan setelah itu di jus atau juga diblender. Kemudian minumlah jus tomat setiap hari dan diminum secara teratur.
  2. Obat prostat 2
    Sambiloto yang berkhasiat untuk membantu antiradang dan antiboti, dan membantu menghilangkan pembengkakan, serta membantu meredakan sakit atau analgesik.
  3. Obat prostat 3
    Akar alang-alang mempunyai manfaat meluruhkan air kencing atau sebagai antiradang dan membantu untuk menghentikan terjadinya pendarahan.

Sakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Prostat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>